20 Bank Wakaf Mikro, Masih Relatif Kecil

Ilustrasi Bank Wakaf. FOTO: Bpmpd.ntbprov.go.id

JAKARTA-SUREPLUS: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dalam laporannya mengatakan, saat ini telah terdapat 20 Bank Wakaf Mikro yang sudah berdiri dengan nasabah kurang lebih mencapai 4.000 orang. Mereka tergabung dalam 6.800 kelompok usaha masyarakat di sekitar pesantren.

Jumlah Bank Wakaf Mikro ini masih relatif kecil bila dibandingkan dengan populasi pondok pesantren dan masyarakat di sekitarnya yang berjumlah jauh lebih besar.

Terlepas dari itu, Wimboh menyebutkan bahwa total pembiayaan saat ini telah mencapai Rp 3 miliar. “Meskipun relatih masih kecil, pembiayaan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang selama ini mengharapkan kucuran dana dari sumbangan atau donator di sekitar pondok pesantren,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK itu seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Rabu (28/3/2018) di Istana Negara, Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh Wimboh di hadapan Presiden dan sekitar 300 perwakilan pengurus maupun nasabah Bank Wakaf Mikro dari sejumlah daerah seperti Jombang, Klaten, Yogyakarta dan Ciamis, Rabu (28/3/2018) di Istana Negara, Jakarta.

Dalam kesempatan silaturahmi itu, nasabah Bank Wakaf Mikro juga mendapatkan kesempatan untuk memamerkan produk-produk dagangannya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Ketua MUI KH. Ma’ruf Amin, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Mensesneg Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.(PRS/ZAL)