Masyarakat Desa Sumbercangkring Kediri

Wujudkan Agrowisata Petik Belimbing

Agrowisata Petik Belimbing
Warga masyarakat Desa Sumbercangkring, Kabupaten Kediri segera mewujudkan kawasan wisata baru berupa Agrowisata Petik Belimbing. FOTO: SUREPLUS.ID/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Untuk mengangkat potensi ekonomi lokal, warga masyarakat Desa Sumbercangkring, Kabupaten Kediri segera mewujudkan kawasan wisata baru berupa Agrowisata Petik Belimbing.

“Dalam waktu dekat, kami siap merealisasikan Agrowisata Petik Belimbing ini,” kata Mujiana, Kepala Desa Sumbercangkring,di Kabupaten Kediri, Senin (26/03/2018).

Dijelaskan oleh pria yang juga pengelola kebun buah belimbing ini, ditargetkan pendirian Agrowisata Petik Belimbing tersebut bisa mulai dikunjungi masyarakat pada pertengahan tahun 2018. Hal itu karena saat ini pihaknya perlu mempersiapkan segala sesuatunya, terutama pohon belimbing tersebut.

“Sementara itu, alasan kami membuat kawasan Agrowisata Petik Belimbing ini dikarenakan adanya potensi pengembangan pohon buah tersebut di Desa Sumbercangkring,” katanya.

Dia menambahkan, sampai sekarang meskipun jumlah petani yang ikut menanam baru sembilan orang, tapi hasil panen mereka luar biasa. Padahal, untuk saat ini mereka baru mengoptimalkan lahan tanam seluas 1,5 hektare.

“Kami percaya, dengan berbagai inovasi dan upaya yang dilakukan saat ini, maka ke depan kesejahteraan petani buah belimbing di sini semakin meningkat,” katanya.

Terlebih lagi, sebut Mujiana, walaupun kualitas buah belimbing yang ditawarkan masih di posisi grade B, antusiasme masyarakat sangat besar dalam mengonsumsi buah tersebut. Apalagi hal ini ditunjang oleh harga jual buah belimbing grade B, yang cukup terjangkau yakni Rp 8.000 per paket isi tiga buah belimbing.

“Ke depan, rencananya kami akan mengolaborasikan Agrowisata Petik Belimbing ini dengan aneka kerajinan bambu. Seperti gazebo dan produk berbahan bambu lainnya,” katanya.

Dengan demikian, yakin dia, kawasan wisata sekaligus Agrowisata Petik Belimbing yang didirikan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun turis mancanegara pada masa mendatang. (AYU CITRA SR/AZIZ)