Siasati Persaingan Bisnis

Dorong UMKM Miliki Legalitas

legalitas usaha
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri mendorong pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) agar secepatnya memiliki legalitas usaha. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Seiring ketatnya persaingan bisnis di era global, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri mendorong pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) agar secepatnya memiliki legalitas usaha.

“Langkah ini sebagai bentuk perhatian kami mendukung pengembangan UMKM di Kabupaten Kediri,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo kepada Sureplus.id, Sabtu (24/03/2018).

Hal itu dikatakan Adi saat meninjau pelaksanaan Pameran UMKM Kabupaten Kediri Tahun 2018, di kawasan wisata, Monumen Simpang Lima Gumul (SLG), Kabupaten Kediri.

Menurut Adi, hal itu dapat diwujudkan dengan mengimbau para pelaku UMKM agar memperhatikan legalitas usaha. Kemudian selalu mengutamakan mutu dan kemasan produk unggulan mereka.

“Ketiga aspek ini sangat penting bagi pengembangan UMKM pada masa mendatang,” katanya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Kediri, Djoko Susilo, menyampaikan, kini sudah saatnya produk UMKM di kawasan Kabupaten Kediri dapat bersaing dengan produk hasil pabrikan.

“Kami juga siap merealisasikan amanat Bupati Kediri, agar UMKM ini memiliki legalitas dan kemasan yang menarik,” katanya.

Dengan demikian, sebut ia,pelaku UMKM di Kediri ini bisa memperluas jangkauan usahanya dan pasarnya di sektor ritel. Melalui cara ini pula, ke depan jumlah konsumen yang loyal semakin bertambah.

“Untuk legalitas usaha UMKM ini, juga harus mendapat dukungan dari Pemkab setempat. Kami imbau agar petugas di tingkat kecamatan mempermudah pemberian izin pendirian usaha setiap UMKM,” katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, sebagai upaya meningkatkan kunjungan masyarakat ke Pameran UMKM Tahun 2018 ini, maka Pemkab Kediri menyuguhkan sejumlah pertunjukan seni budaya dan hiburan rakyat.

“Tepatnya saat penutupan acara, pada hari Minggu tanggal 25 Maret akan digelar tari kolosal khas Kediri” katanya. (AYU CITRA SR/AZIZ)