Pemkot Kediri Fokus Tingkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat

taraf ekonomi masyarakat
Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Kediri, Jumadi (kanan). FOTO: SUREPLUS.ID/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Pemerintah Kota Kediri mulai memfokuskan agenda pembangunannya pada tahun 2018 dalam sejumlah aspek. Berbagai hal ini di antaranya peningkatan taraf ekonomi masyarakat di kawasan ini.

“Upaya ini dapat diwujudkan dengan perencanaan pembangunan, yakni melalui pengurangan angka kemiskinan dan jumlah pengangguran. Kedua faktor ini merupakan masalah kompleks yang dimiliki setiap daerah, termasuk Kota Kediri,” kata Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Kediri, Jumadi, saat di Kota Kediri, Jumat (23/3/2018).

Jumadi memaparkan, peningkatan taraf ekonomi di Kota Kediri antara lain penambahan sarana prasarana baik di bidang perdagangan maupun jasa. Selain itu, juga perlu diadakan peningkatan investasi di Kota Kediri.

“Kami berharap program tersebut sekaligus mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Bahkan juga menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran di Kota Kediri,” katanya.

Secara umum, tambah dia, Kota Kediri telah memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Namun, dari sisi tingkat inflasi di Kota Kediri sampai sekarang selalu terkendali dengan baik.

“Bahkan inflasi di Kota Kediri dapat dikatakan lebih rendah dari inflasi nasional,” katanya.

Selain itu, sebut dia, pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Kediri juga mencatatkan posisi tinggi, atau melebihi dengan tingkat prosentase Provinsi Jawa Timur dan nasional sebesar 76,33 poin. Besaran IPM ini mengalami kenaikan 0,66 poin dari tahun sebelumnya.

“Dari sisi perekonomian, Produk Domestik Regional Bruto/ PDRB (atas dasar harga berlaku) Kota Kediri pada tahun 2016 sebesar Rp 106,93 triliun atau meningkat Rp 9,49 triliun dari tahun sebelumnya. Realisasi ini, telah memberikan kontribusi sebesar 5,7 persen pada pembentukan PDRB Provinsi Jawa Timur,” katanya.

Dari berbagai indikator perekonomian tersebut, yakin dia, telah menunjukkan bahwa perekonomian Kota Kediri cukup baik. Bahkan, juga kondusif untuk pengembangan investasi bagi sejumlah kalangan pengusaha.(Ayu Citra SR/ZAL)