Galaxy Note 9 Diisukan Hadirkan Sidik Jari di Layar

Galaxy Note 9
Ilustrasi – Galaxy Note 9 dirumorkan akan mengadopsi teknologi pemindaian sidik jari di display. FOTO: GIZMOCHINA

SURABAYA-SUREPLUS: Galaxy Note 9 awalnya dikabarkan akan hadir dengan pemindai sidik jari di layar. Namun inklusi fitur pengenalan biometrik itu konon telah dibatalkan oleh Samsung. Hal ini sempat dipertegas oleh analis KGI Securities yang tersohor, Ming Chi Kuo.

Entah siapa yang benar, hanya saja ini sebuah laporan teranyar yang diterima Gizmochina dari The Korea Herald (sebuah media ternama Korea Selatan) bahwa Note 9 akan mengadopsi teknologi pemindaian sidik jari di display.

Sumber yang tidak disebutkan identitasnya telah mengungkapkan kepada media tersebut bahwa Samsung Display membuat tiga hingga empat jenis solusi pemindai sidik jari di layar untuk Samsung Electronics. Sekarang kedua entitas sedang mempertimbangkan untuk menggunakan salah satunya.

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa Samsung belum memutuskan konsep final untuk Galaxy Note 9 karena pekerjaan terkait dengan pemindai sidik jari di display. Perusahaan kemungkinan bakal membuat keputusan terakhir mengenai pembaca sidik jari dalam bulan ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, desain telepon andalan diselesaikan sekitar lima bulan sebelum pengumuman resmi. Desas-desus seputar Note 9 saat ini menunjukkan bahwa perusahaan Korea Selatan akan mengambil waktu lebih sedikit untuk memutuskan desain Note 9. Sumber itu mengklaim bahwa Note 9 mungkin diluncurkan pada akhir Agustus.

Informasi bocoran di sekitar Note 9 menunjukkan bahwa tampilannya tidak akan berbeda jauh dari pendahulunya, Galaxy Note 8. Seperti duo Galaxy S9, Infinity Design Note 9 diharapkan tiba dengan bezel yang sedikit berkurang.

Galaxy Note 9 sangat dinantikan oleh pengamat industri untuk datang dengan pembaca sidik jari di-display. Selain itu, pemindai sidik jari Note 9 diharapkan agak berbeda dari pesaing China seperti Vivo dan ponsel andalan milik Huawei (mungkin bukan seri P20). (GCC/ZAL)