Bocoran Ungkap Detail Spesifikasi OnePlus 6

OnePlus 6
Ilustrasi OnePlus 6. FOTO: GIZMOCHINA

SURABAYA-SUREPLUS: OnePlus saat ini bersiap untuk meluncurkan smartphone andalannya yang akan melakukan debutnya dalam beberapa bulan lagi. Namun kebocoran baru telah muncul secara online yang mengungkapkan spesifikasi ponsel cerdas yang dinamakan OnePlus 6.

Bocoran tersebut menunjukkan bahwa OnePlus 6 akan menampilkan layar Full-HD + AMOLED 6,28 inci dengan resolusi layar 2280 x 1080 piksel dengan rasio aspek 18:9.

Di bawah kap, diharapkan akan didukung oleh prosesor paling canggih yang digunakan oleh mayoritas ponsel kelas atas, Qualcomm Snapdragon 845 clock pada 2.7GHz. Tak hanya itu, smartphone ini akan mengemas RAM 6GB dengan penyimpanan internal 128GB.

Di sektor lain, kamera bagian belakang OnePlus 6 konon terdiri dari sensor utama 16 megapiksel dan sensor sekunder 20 megapiksel dengan aperture f/1.7 pada kedua lensanya. Spesifikasi kamera persis sama dengan perangkat andalan perusahaan saat ini, OnePlus 5T. Sementara di sisi depan, kamera ponsel ini akan dilengkapi dengan sensor 20 megapiksel dengan aperture f/1.7.

Masuk perangkat lunak, disebutkan bahwa OnePlus 6 akan berjalan pada sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka kustom Oxygen OS milik perusahaan di atasnya.

Di Cina, bukan menggunakan OS Oxygen, melainkan OS Hidrogen. Ponsel ini memiliki baterai berdaya 3.450 mAh, dan kemungkinan akan didukung teknologi pengisian cepat alias Dash Charging.

Dalam bocoran sebelumnya, bodi OnePlus 6 terbuat dari aluminium dan memiliki takik di layar layaknya iPhone X milik Apple.

Ada beberapa rumor yang menunjukkan bahwa perangkat unggulan OnePlus yang akan datang ini kemungkinan membawa dukungan pengenalan wajah 3D, tetapi itu tidak akan secanggih Face ID pada iPhone X. Ponsel ini juga diperkirakan akan membawa dukungan untuk konektivitas gigabit LTE super cepat.

Sejauh ini bocoran mengenai spesifikasi hanya menyebutkan satu varian saja, yaitu RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. Berbeda dengan bocoran sebelumnya yang mengklaim bahwa model konfigurasi tertinggi ponsel ini akan memiliki RAM 8GB dengan penyimpanan onboard 256GB.

Melihat spesifikasi, OnePlus 6 tampaknya sangat mirip dengan Oppo R15 yang baru-baru ini diluncurkan. Tidak mengherankan jika smartphone ini ternyata mirip dengan Oppo R15 karena OnePlus 5T juga cukup mirip dengan Oppo R11.(GCC/ZAL)