Pemkab Kediri Gelar Pameran UMKM 2018

Pameran UMKM Kabupaten Kediri 2018
Menyambut Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1.214, Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Pameran UMKM Kabupaten Kediri 2018. FOTO: SUREPLUS.ID/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Menyambut Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1.214, Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Pameran UMKM Kabupaten Kediri 2018, selama 5 hari di area Monumen Simpang Lima Gumul (SLG), Kabupaten Kediri.

“Acara ini, merupakan salah satu upaya yang ditempuh pemerintah memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM di wilayah Kabupaten Kediri. Oleh karena itu Bupati Kediri mengajak kepada semua UMKM peserta pameran khususnya, dan UMKM untuk memanfaatkan momentum ini,” kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Kediri, Djoko Susilo, saat membacakan amanat dari Bupati Kediri, di Pameran UMKM di Monumen SLG Kabupaten Kediri, Kamis (22/3/2018).

Agenda pameran ini, ungkap dia, sampai sekarang sudah menjadi event tahunan. Hal itu karena dengan adanya kegiatan seperti ini, akan berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan masyarakat.

“Apalagi kami juga aktif mengadakan pameran UMKM. Upaya ini seiring derasnya arus globalisasi perdagangan bebas, dan kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” katanya.

Djoko meyakini, Pameran UMKM ini sangat efektif untuk memperkenalkan produk UMKM kepada masyarakat luas. Bahkan agar mereka semakin mencintai produk Kabupaten Kediri.

“Dengan mencintai produk lokal, kami percaya perputaran ekonomi masyarakat semakin meningkat pada masa mendatang,” katanya.

Dia mengimbau, agar pelaku UMKM selalu mengembangkan profesionalisme baik dari segi sumber daya manusia, sarana produksi, pemanfaataan ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun inovasi produk.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, mengatakan, pameran pada tahun ini akan berlangsung selama 5 hari hingga tanggal 25 Maret 2018.

“Secara total, ada sebanyak 80 pelaku UMKM, dengan sekitar 310 produk UMKM yang dipamerkan,” katanya.

Adi optimistis, langkah ini salah bentuk dukungan pemerintah kepada para pelaku UMKM. Hal paling utama adalah, dengan selalu melibatkannya dalam setiap acara.(Ayu Citra SR/ZAL)