Redmi Note 5 Pro Mendapat Update Android 8.1 Oreo

Xiaomi Redmi Note 5 Pro
Xiaomi Redmi Note 5 Pro. FOTO: GIZMOCHINA

SURABAYA-SUREPLUS: Line-up Redmi Note 5 telah dirilis dengan nama yang berbeda di dua pasar terbaik Xiaomi, India dan China. Di jazirah India, perangkat ini diumumkan dalam dua varian, Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Varian standar hanya Redmi 5 Plus bermerek ulang untuk pasar India, sedangkan versi Pro adalah ponsel baru yang sebenarnya.

Seperti dilaporkan Gizmochina, di negara asalnya, standar Note 5 adalah Redmi 5 Plus, sedangkan Note 5 Pro disebut Redmi Note 5. Namun perlu diingat bahwa ini datang dengan dua perbedaan, yakni penyiapan kamera belakang yang sedikit berbeda dan versi perangkat lunak yang lebih baik, berbasis Android 8.1 Oreo.

Nah, sekarang ada kabar baik bagi para pemilik Xiaomi Redmi Note 5 Pro India. Sebuah firmware baru tersedia untuk diunduh untuk smartphone ini, dan ini sama persis dengan firmware China Note 5, berbasis Android 8.1 Oreo. Ini bukan pembaruan OTA tetapi firmware bocor di Pengembang XDA. Tetapi MIUI 9.5 China Stable ROM dan bukan firmware beta acak.

Selain membawa versi Android ke 8.1 Oreo, pembaruan ini menghadirkan dukungan Project Treble. Menurut XDA Developers, anggota forum mereka telah menguji firmware melalui aplikasi Treble Check Project dan menemukan bahwa ini kompatibel dengan Project Treble.

Jika Anda tidak tahu, Project Treble dapat membuat kode sistem operasi Android modular, yang memungkinkan produsen bekerja secara langsung dan eksklusif pada bagian kode tertentu daripada mengerjakan keseluruhan sistem operasi.

Hal ini membuat lebih mudah untuk melepaskan pembaruan perangkat lunak, akan lebih cepat dan lebih konstan. Hanya sejumlah smartphone yang benar-benar kompatibel dengan Project Treble, dan sekarang Xiaomi Redmi Note 5 Pro termasuk salah satunya. Untuk menginstal firmware baru yang dapat Anda unduh di tautan ini, Anda perlu mem-flash secara manual menggunakan TWRP setelah membuka kunci bootloader Anda.(GCC/ZAL)