Generasi Milenial Harus Tingkatkan Keterampilan Bisnis

Pemkot Kediri mengingatkan generasi milenial di area kerjanya untuk mengoptimalkan penyerapan ilmu secara akademis. FOTO: SUREPLUS.ID/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Pemerintah Kota Kediri mengingatkan generasi milenial di area kerjanya untuk mengoptimalkan penyerapan ilmu secara akademis. Hal paling penting yakni dengan diimbangi pengembangan keterampilan bisnis sebagai enterpreneur.

“Setiap tahunnya, jumlah lapangan pekerjaan di berbagai daerah semakin sempit. Untuk itu, kini sudah saatnya anak muda di kawasan ini terutama generasi milenial membekali dirinya dengan beragam pengetahuan dan keterampilan berbisnis,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri, Enny Endarjati, saat di Kota Kediri, Rabu (21/3/2018).

Enny meyakini, dengan keterampilan yang mumpuni, terutama di bidang bisnis maka para generasi muda tak perlu bingung mencari pekerjaan. Akan tetapi, mereka justru menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Saat ini di Kota Kediri, ada banyak potensi ekonomi yang bisa dioptimalkan para pengusaha baru. Jangan takut, produk yang dijual tak terserap pasar, terlebih sekarang juga pasar online sangat menjanjikan,” katanya.

Di samping itu, saran dia, idealnya seorang mahasiswa juga harus mampu memperluas jaringan pertemanan mereka. Kondisi itu sangat diperlukan, mengingat jaringan tersebut bisa menjadi pasar bisnis potensial mereka ke depan.

“Kami imbau, jangan hanya mengandalkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. Tapi, lengkapilah dengan skill yang berkualitas dan ditunjang oleh kemampuan pemasaran yang baik,” katanya.

Senada dengan Enny Endarjati, Wakil Rektor 3 Universitas Nusantara PGRI Kediri, Muchson membenarkan, bahwa pihaknya ikut mendorong para mahasiswa untuk menjadi enterpreneur.

“Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat pada masa sekarang ada banyak media sosial yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk berbisnis,” katanya.

Seperti halnya, lanjut dia, dengan modal sistem online, dan kemampuan berkomunikasi yang baik maka kalangan mahasiswa bisa membuka lapangan kerja. Selain itu, ada baiknya mereka juga memiliki keahlian membaca pasar.(AYU CITRA SR/ZAL)