Valentino Rossi: Ternyata Saya Ingin Terus Membalap

Valentino Rossi
Juara dunia sembilan kali MotoGP, Valentino Rossi telah menandatangani kontrak dengan Movistar Yamaha selama dua musim lagi di MotoGP. FOTO: MOTOGP.COM

DOHA-SUREPLUS: Anda penggemar berat Valentino Rossi? Jangan khawatir. Performa rider berjuluk The Doctor ini masih bisa Anda lihat di lintasan MotoGP, setidaknya sampai dua tahun ke depan. Ya, Rossi telah menandatangani kontrak baru berjangka dua tahun lagi untuk Movistar Yamaha.

Dikutip dari situs motogp.com, Kamis (15/03/2018), Juara Dunia sembilan kali ini telah menandatangani kontrak dengan pabrikan Jepang tersebut selama dua musim lagi di MotoGP. Maka rider berusia 39 tahun ini akan menambah rekornya sepanjang 25 musim balap Grand Prix.

“Ketika menandatangani kontrak terakhir saya dengan Yamaha, pada Maret 2016, saya bertanya-tanya apakah itu akan menjadi kontrak terakhir saya sebagai pembalap MotoGP? Pada saat itu, saya memutuskan bahwa saya akan mengambil keputusan itu selama dua tahun berikutnya,” kata Valentino Rossi saat sesi tanya jawab di Doha, Qatar.

Selama dua tahun terakhir, lanjut Rossi, ia sampai pada kesimpulan. “Ternyata saya ingin terus membalap. Menjadi rider MotoGP, Terutama menunggang M1. Ini hal yang membuat saya merasa lebih baik lagi,” tambahnya.

Musim pertama Rossi bersama Yamaha pada 2004 lalu. Ia secara spektakuler menang dalam debutnya bersama tim di Afrika Selatan, sebelum melanjutkan meraih gelar pada tahun yang sama. Rossi kemudian memenangkan kejuaraan lagi di 2005, sebelum kalah pada 2006 dan 2007.

Namun The Doctor segera kembali ke puncak. Tahun 2008, pembalap Tavullia ini mengklaim gelar tersebut di kelas tertinggi. Sebuah prestasi yang diulang tahun demi tahun di tahun 2009 untuk membuatnya menjadi run back-to-back lagi. Itu menandai gelar terbaru Rossi sampai saat ini, meskipun angka 46 telah melekat dengan dirinya sejak saat itu.

Kontrak baru dua tahun ini menunjukkan komitmen Yamaha terhadap Juara Dunia sembilan kali, karena mereka berusaha bertarung secara konsisten. Setelah mengalami pasang surut pada 2017, serta cedera di pertengahan musim, target Rossi ditetapkan tinggi lagi pada 2018.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yamaha, Lin Jarvis dan Maio Meregalli pada khususnya, atas kepercayaan mereka pada saya, karena tantangannya sulit. Kompetitif sampai saya berusia 40 tahun. Saya tahu ini membutuhkan banyak usaha dari saya dan banyak latihan. Tapi saya siap, saya tidak kurang motivasi,” tegas The Doctor. (MTG/AZIZ)