EUROPA LEAGUE

Pukul Balik AC Milan, The Gunners Melaju

Babak 16 Besar Europa League
Ekspresi Danny Wellbeck usai mengeksekusi penalti. Tuan rumah Arsenal menggebuk AC Milan 3-1 di Leg II Babak 16 Besar Europa League, Jumat (16/03/2018) dinihari WIB. FOTO: THETIMES.CO.UK

LONDON-SUREPLUS: Tertinggal satu gol sejak menit ke-35, tuan rumah The Gunners Arsenal akhirnya memukul balik AC Milan dengan kemenangan telak 3-1 di Leg II Babak 16 Besar Europa League, Jumat (16/03/2018) dinihari WIB di Emirates Stadium.

Arsenal pun memastikan diri lolos ke Babak Perempat Final dengan agregat skor 5-1, setelah sebelumnya di Leg I mereka menaklukkan AC Milan dengan skor 2-0 saat di San Siro. Ini untuk pertama kalinya The Gunners melaju ke Perempat Final Europa League, sejak 2010 lalu.

Danny Welbeck menjadi bintang Arsenal, dengan mencetak dua gol, di menit ke-39 lewat eksekusi penalti dan menit ke-86. Satu gol lainnya dicetak Granit Xhaka di menit ke-71. Sebaliknya, Milan sebenarnya unggul lebih dulu lewat gol Hakan Calhanoglu di menit ke-35.

Di awal laga, tuan rumah The Gunners di bermain aman, karena punya keunggulan 2-0 di Leg I. Bahkan tim asuhan Arsene Wenger tersebut terlihat nyaman mengendalikan permainan. Tapi di menit ke-35, skuad The Gunners terhenyak ketika tertinggal satu gol.

Bintang AC Milan, Hakan Calhanoglu menemukan ruang bebas dari arah 30 meter ke gawang tuan rumah dan melepaskan tembakan melengkung yang jauh dari jangkauan David Ospina dan di tiang jauh. Milan unggul 1-0.

Tapi keunggulan Rossoneri tidak bertahan lama. Empat menit usai gol Hakan, Arsenal menyamakan skor lewat gol eksekusi penalti Danny Welbeck. Awalnya, striker The Gunners tersebut mengejar bola dari Mesut Ozil dan terjatuh akibat Ricardo Rodriguez.

Meski tayangan ulang menunjukkan tidak ada kontak, tapi ‘drama’ itu diganjar hadiah penalti oleh wasit Jonas Eriksson. Welbeck pun mengambil penalti sendiri dan dengan tenang mengecoh kiper AC Milan. Skor pun imbang 1-1.

Skuad Milan marah terhadap keputusan wasit Eriksson, dan bertambah mangkel bola ketika bola mengenai lengan pemain Arsenal, Calum Chambers di kotak penalti, namun, wasit asal Swedia itu memberikan hadiah penalti buat Milan. Hingga akhir minum, skor imbang 1-1.

Di Babak II, psikologi para skuad Milan kembali drop setelah The Gunners menambah gol lewat

Granit Xhaka di menit ke-71. Xhaka ‘membunuh’ Milan dengan serangan rendah sekaligus menaklukkan kiper Gianluigi Donnarumma.

Empat menit sebelum laga usai, Welbeck menambah gol sekaligus menjadikan Arsenal menang telak 3-1 atas AC Milan. Tuntas sudah tugas skuad berat tim asuhan Arsene Wenger itu menjamu raksasa Serie A Italia, AC Milan. Kini The Gunners tinggal mengunggu lawan mereka selanjutnya. (ESPN/AZIZ)