Pemkot Kediri Minta TPID Fokus Pengelolaan Pasar Grosir

Tim Pengendali Inflasi Daerah
Kegiatan High Level Meeting (HLM) yang diselenggarakan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri, di Ruang Rapat Bank Indonesia Kediri, Rabu (28/02/2018). FOTO: TPID KOTA KEDIRI

KEDIRI-PEMKOT: Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri meminta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat untuk fokus pada program pengelolaan pasar grosir di kawasan ini.

“Langkah ini sangatlah penting dilakukan, mengingat Kota Kediri dihadapkan pada fluktuasi harga bahan pangan sejak awal tahun 2018,” kata Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Kediri, Jumadi, saat menghadiri kegiatan High Level Meeting (HLM) yang diselenggarakan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri, di Ruang Rapat Bank Indonesia Kediri, Rabu (28/02/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Jumadi menjelaskan, bahwa pada awal bulan Januari tahun 2018 ini, Kota Kediri dihadapkan dengan tingginya kenaikan harga kebutuhan bahan pokok terutama beras. Bahkan, komoditas pangan ini berpotensi mendorong naiknya tingkat inflasi di Kota Kediri.

“Namun, TPID Kota Kediri mampu menekan inflasi hingga ke level 0,14 persen dan pencapaian ini harus tetap dijaga,” ujarnya.

Ke depan, tambah dia, pertumbuhan ekonomi di daerah ini harus meningkat. Akan tetapi, angka inflasinya harus tetap rendah. “TPID Kota Kediri juga harus menjaga keberhasilan yang sudah diraih dalam mengendalikan inflasi, sehingga Kota Kediri tercatat memiliki rekor inflasi terendah di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2016,” katanya.

Selain itu, sebut dia, sebelumnya TPID Kota Kediri juga mendapat penghargaan yang langsung diserahkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai TPID Terbaik se-Jawa di Istana Negara di Jakarta. “Saya berharapnya, TPID Kota Kediri untuk meningkatkan koordinasi dan kinerja dalam mempersiapkan penilaian TPID pada tahun 2018,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Jumadi menuturkan, kelembagaan TPID Kota Kediri tahun 2018 mengalami sedikit perubahan. Lebih tepatnya pada saat ini, Sekretaris Daerah Kota Kediri didapuk menjadi Ketua Pelaksana Harian TPID.

“Sementara itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota TPID Kota Kediri yakni Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, dan Djoko Raharto,” katanya.

Di samping itu, lanjut dia, ikut hadir Kepala Badan Pusat Statistik Kota Kediri, Ellyn T. Brahmana, Kepala Perum Bulog Subdivre Kediri, Akhmad Kholisun, Plt Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kota Kediri, Edi Darmasto.

“Ada pula Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Yetty Sisworini, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Semeru Singgih,” katanya. (ADV)