Mencicipi Menu Ndeso di Tengah Kebun Bibit

rumah makan Alam Tani
Pemilik rumah makan Alam Tani, di Kab Kediri, Agus Joko Susilo mendesain ulang kebun bibit miliknya menjadi rumah makan dengan sajian menu maskan pedesaan alias ndeso. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Ketatnya persaingan bisnis kuliner saat ini, disiasati oleh salah seorang pemilik Rumah Makan (RM) Alam Tani, di Kabupaten Kediri, Agus Joko Susilo. Ia memiliki strategi tersendiri dalam menarik minat para pecinta kuliner.

Agus pun mendesain ulang kebun bibit miliknya menjadi sebuah rumah makan yang menyajikan menu makanan pedesaan alias ndeso. “Awalnya saya hanya hobi berkebun dan menanam bibit. Lalu banyak warga yang datang ke sini dan meminta saya membuka rumah makan,” kata Agus Joko Susilo, di RM Alam Tani, Kabupaten Kediri.

Maka pihaknya berupaya menghadirkan rumah makan yang kekinian sejak tahun 2017 lalu. Lebih tepatnya dilengkapi dengan sejumlah gazebo memadai untuk menikmati beragam menu makanan minuman, sembari merasakan kesejukan udara di sekitar kebun bibit.

Pria yang juga menjabat Kepala Desa Jambu, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri ini juga tidak mematok harga tinggi pada setiap sajian kuliner yang ditawarkan. Di lokasi inilah, para konsumen bisa mencicipi beraneka makanan minuman khas pedesaan. “Menu andalan kami Ayam Goreng Lalapan Spesial Kebun. Layak dicoba,” katanya.

Bagi mereka yang penasaran, maka para penggemar kuliner Nusantara cukup berkunjung di jalur protokol antara Plemahan dan Pare. Tepatnya di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, atau di sebelah pom bensin Desa Mejono memang tempat yang sangat strategis.

“Terlebih lagi, di sekitar sini memang belum ada rumah makan. Ini peluang emas bagi saya untuk mencari rezeki bagi keluarga di rumah,” katanya.

Selain itu, lanjut Agus, upaya ini pula sekaligus secara tidak langsung ia menyediakan objek wisata baru bagi masyarakat di Kabupaten Kediri. Selain ada gazebo, juga terdapat kolam ikan, tempat bermain anak sampai taman dengan hiasan kursi yang cantik.

Untuk itu, sambil menunggu masakan dihidangkan, para pengunjung bisa bermain atau foto selfie karena memang lokasinya cocok sekali bagi pencinta foto selfie. (AYU CITRA SR/AZIZ)