LC: Juventus vs Real Madrid

Dejavu Partai Final Liga Champions 2017

juara bertahan Real Madrid
Cristiano Ronaldo mencetak gol saat final Liga Champion Eropa musim 2017 lalu. FOTO: Istimewa

Babak 8 besar akan menjadi dejavu bagi dua finalis Liga Champion Eropa musim 2017 lalu. Ya, sang juara bertahan Real Madrid kembali bentrok dengan sang runner-up Juventus. Partai ulangan ini dipastikan bakal berlangsung seru karena ada semangat berbeda yang diusung kedua tim.

Jika Real Madrid ingin mengulang sukses mereka mempecundangi Juventus sekaligus menahbiskan diri sebagai tim favorit juara, motivasi berbeda bakal diusung Juventus. Ya, kekalahan tim berjulukan Si Nyonya Tua di final LC 2017 lalu membuat semangat mereka untuk membungkam tim berjulukan Los Merengues pun berlipat.

Juventus sendiri memiliki bekal bagus sebelum pertemuan ini. Dari lima laga terakhir, baik di LC maupun di Serie A, Juventus belum tersentuh kekalahan. Torehan prestasi paling jempolan terjadi dalam tiga laga terakhir di kedua kompetisi yang berbeda.

Ya, usai menyingkirkan Tottenham Hotspur di babak 16 besar LC lewat kemenangan agregat 2-1, Juventus semakin tak terbendung di liga. Dua tim yang bertandang ke markas mereka, Udinese dan Atalanta dikirim pulang lewat kemenangan dengan skor identik, 2-0.

Leg pertama duel ini akan dimainkan di kandang Juventus, Allianz Stadium, Turin (3/4/2018). Di hadapan puluhan ribu pendukungnya, La Veccia Signora tentu tak ingin malu. Gonzalo Higuain cs bakal tampil menyerang guna meraih kemenangan. Sebab berapa pun hasilnya, asal menang, akan menjadi keuntungan bagi Juventus. Minimal, mereka lebih tenang di leg kedua yang akan berlangsung di Santiago Bernabeu, Madrid, (10/4/2018) mendatang.

Namun, bukan urusan mudah bagi Juventus mengalahkan salah satu favorit juara ini. Pasalnya, LC adalah habitat Real Madrid. Ronaldo dkk memiliki segalanya untuk membuat pendukung Juventus menundukkan kepala di akhir pertandingan. Apalagi dengan skuat yang nyaris sama dengan musim lalu, tim besutan Zinedine Zidane pernah membuat tifosi Juventus menangis ketika tim kesayangannya dibantai 1-4.

Hasil yang memilukan sekaligus memalukan karena hasil itu terjadi di partai puncak. Madrid juga tengah fokus di LC menyusul prestasi mereka yang tak gemilang di La Liga musim ini. Madrid tertinggal jauh (15 poin) dari Barcelona yang memuncaki klasemen La Liga. Untuk itu, Juventus harus berhati-hati bila tak ingin malu.(ZAL)