Xiaomi, OPPO, & Meizu Sepakat Gunakan Chipset Helio P60

Helio P60
MediaTek Helio P60. FOTO: GIZMOCHINA

SURABAYA-SUREPLUS: MediaTek resmi meluncurkan chipset mid-range Helio P60 terbarunya di MWC 2018. Namun perusahaan tersebut tidak mengungkapkan model yang akan menampilkan chipset tersebut.

Kendati begitu, Gizmochina menemukan sebuah laporan baru-baru ini yang mengungkapkan bahwa tiga pabrikan smartphone raksasa di China, yakni OPPO, Xiaomi dan Meizu telah menyelesaikan pembicaraan dengan MediaTek untuk dipasangkan chip tersebut pada smartphone mereka.

Lebih detailnya, sebuah chip MediaTek Helio P60 akan disematkan pada OPPO R15 yang diperkirakan akan diluncurkan pada bulan Maret ini. Meizu E3 adalah model lain yang diharapkan bisa menampilkan chip MediaTek Helio P60.

Sedangkan smartphone Xiaomi yang akan memanfaatkan chipset mid-range masih belum diketahui. Sebuah rumor sebelumnya telah memberi tahu OPPO R15 untuk datang dengan chip Snapdragon 660 pada satu versi dan ada versi Helio P60. Ini sama dengan bocoran terbaru mengenai spesifikasi Meizu E3 yang akan hadir dengan chip onboard P60 SoC.

MediaTek Helio P60 dibangun di atas proses FinFET 12nm TSMC yang menawarkan 15 persen pengurangan konsumsi daya lebih dari 14nm chips. Sebuah teknologi yang memungkinkan pemakai tak perlu lagi khawatir ponsel mereka cepat kehabisan daya.(GCC/ZAL)