Tertarik, Investor Amerika Jajaki Investasi di Kabupaten Probolinggo

magnet bagi investor
Pj Bupati Probolinggo, R Tjahjo Widodo. Foto : Dok Diskominfo Probolinggo

PROBOLINGGO-SUREPLUS: Kabupaten Probolinggo tampaknya mulai memiliki magnet bagi investor. Lokasi potensial yang berada di wilayah pegunungan Rengganis Kecamatan Krucil, Pulau Gili Ketapang, wilayah pesisir utara dan sekitar Kota Kraksaan menjadi bagian yang diincar investor untuk berinvestasi.

Pj Bupati Probolinggo, R Tjahjo Widodo mengatakan, untuk meningkatkan perekonomian salah satunya adalah dengan mendatangkan investor untuk membantu menggarap potensi yang ada demi kesejahteraan masyarakat.Menurutnya, Probolingo memiliki potensi yang luar biasa, tidak kalah dengan kabupaten tetangga, seperti Banyuwangi, Malang ataupun Pulau Bali. Ini harus dikuatkan dan dikembangkan. Hadirnya perusahaan properti asal Amerika Serikat Stern Resources yang melakukan penjajakan untuk berinvestasi di

Kabupaten Probolinggo menjadi bukti jika kota ini layak menjadi daerah yang patut diperhitungkan.Business Development Director Stern Resources, Dinnah Tanuhardja di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Rabu (14/3) mengatakan, ada beberapa lokasi potensial yang sedang dijajaki oleh Stern Resources.

Diantaranya, wilayah pegunungan Rengganis di Kecamatan Krucil, Pulau Gili Ketapang, wilayah pesisir utara dan sekitar Kota Kraksaan.Dinnah melalui siaran pers dari Diskominfo Probolinggo menjelaskan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Pj Bupati Probolinggo terkait dengan wilayah mana yang akan diprioritaskan pembangunannya lebih dahulu.

Pihaknya juga telah mengkomunikasikan rencana investasi tersebut dengan bupati sebelumnya.Sejauh ini menurutnya, kawasan Kabupaten Probolinggo sarat potensi alam yang indah. “Sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata bertaraf internasional,” ujar Dinnah.Wilayah pesisir pantai Probolinggo diproyeksikan menjadi semacam Universal Studios di Singapura.

Sementara untuk wilayah pegunungan Rengganis di sekitar Kecamatan Krucil, akan dibangun dan dikemas menjadi wilayah wisata bertaraf internasional. “Kami buat seindah mungkin, dan semenarik mungkin. Untuk menarik wisatawan di daerah rengganis rencananya akan kami lengkapi juga dengan cable car, dan resort-resort mewah,” ujarnya.

Usai pertemuan dengan Pj Bupati di pendopo dilanjutkan dengan peninjauan ke salah satu lokasi yang dinilai potensial yakni wisata Pantai Bentar di Desa Sumberkerang Kecamatan Gending. Ikut mendampingi kunjungan, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo, H Tutug Edi Utomo. Sambil berperahu, rombongan juga menyaksikan binatang laut sejenis ikan raksasa, yakni Hiu Tutul (Whale Shark) yang sudah menjadi ikon Pantai Bentar.(PRS/ZAL)