Dari Video Tutorial, Fajar Miliki Usaha Kerajinan Kulit

Fajar Febriansyah dengan kerajinan kulit yang dibuatnya. FOTO: SUREPLUS.ID/SAHLUL FAHMI

GRESIK-SUREPLUS: Awalnya ingin memiliki tempat once (pipa rokok) dari bahan dasar kulit berukuran panjang. Kini, Fajar Febriansyah justru jadi pengusaha kerajinan kulit. Ya, pipa rokok miliknya cukup panjang, sehingga butuh tempat khusus supaya lebih praktis saat dibawa bepergian.

“Awalnya hanya ingin bikin untuk pribadi, supaya enak dibawa sekaligus sebagai pelindung agar tidak mudah pecah jika terjatuh,” ujarnya.

Namun, dari situ pula, Fajar Febriansyah mulai mencari perajin kulit yang bisa membuat tempat once plus rokok dan korek api. Namun setelah keliling, beberapa perajin yang dia datangi menolak lantaran pesanan yang diinginkan tidak umum.

Para perajin kulit yang ia temui rata-rata hanya mau mengerjakan pesanan yang bentuknya sudah umum. Karena tak ada yang mau mengerjakan barang yang diinginkan, maka tak ada jalan lain kecuali harus membuatnya sendiri.

Meski sebelumnya tidak memiliki sedikitpun keahlian di bidang ini, namun dengan keinginan belajar yang tinggi akhirnya Fajar mampu menyelesaikan karya pertamanya berupa tempat once, rokok dan korek dalam satu tempat.

“Saya tak punya keahlian menjahit apalagi menjahit kulit. Tapi saya belajar dari video-video tutorial di youtube, serta membaca artikel-artikel di google. Alhamdulilah, sekarang saya sudah mahir membuat berbagai macam kerajinan berbahan kulit,” ungkap lulusan Stiesia Surabaya ini.

Kini berkat kerja kerasnya itu, Fajar telah memiliki usaha kerajinan kulit sendiri di Jl. Tanjung Wira II/6 GKB, Gesik. Bahkan setelah tiga tahun berjalan, sulung dua bersaudara ini telah memiliki dua brand yang menjadi ciri khas produknya.

“Saya punya dua brand, pertama Army Leather yang kualitas bahannya lokal. Sedangkan kelas premium saya beri lebel Aze Leather Work yang semua bahannya berkualitas impor,” jelas pria 35 tahun tersebut.

Meski terbagi dalam dua label, namun produknya tetap mengandalkan pure hand-made yang siap mengerjakan aneka macam produk kerajinan kulit secara costum.(SAHLUL/ZAL)