Crispy Semanggi, Jajanan Baru Khas Surabaya

crispy semanggi
Aries Kurniawati, pembuat crispy semanggi. FOTO: SUREPLUS.ID

SURABAYA-SUREPLUS: Kreativitas memang tak terbatas. Dulu, daun semanggi identik dengan makanan khas Kota Surabaya, yakni pecel semanggi. Namun di era seperti sekarang ini, daun tersebut bisa diolah menjadi beragam penganan. Salah satunya adalah crispy semanggi.

Sang pemilik bisnis ini, Aries Kurniawati, mengatakan, bahwa ide membuat crispy semanggi ini tercetus setelah menyadari bahwa kawasan dimana ia tinggal, Griya Benowo Indah, merupakan salah satu penghasil daun semanggi terbesar di Surabaya.

Maka itulah, pada tahun 2016 lalu ia beralih dari memproduksi almond crispy menjadi crispy semanggi. “Di saat saya memutuskan untuk membuat crispy semanggi, saya juga berharap bisa menjadi makanan ringan sebagai oleh-oleh khas Surabaya,” katanya kepada Sureplus.id.

Aries mengaku, untuk membangun usahanya kala itu, ia hanya membutuhkan modal Rp 300 ribu. Uang sebesar itu ia manfaatkan untuk membeli bahan dasar seperti daun semanggi, tepung, serta toples.

Namun berkat kemampuan serta kegigihannya, kini Aries bisa mendapat penghasilan yang cukup besar. Maklum, omset bisnis makanan ringan tersebut bisa mencapai Rp juta per bulan.

Tidak hanya itu, kini crispy semanggi hasil produksinya telah menjadi langganan instansi pemerintahan, dan telah memasok sejumlah toko oleh-oleh Surabaya. Selain itu, ia juga menjalin bekerja sama dengan salah satu maskapai penerbangan di Indonesia.

Pembuatan

Proses pembuatannya cukup simpel, karena daun semanggi hanya butuh dikeringkan di bawah terik sinar hingga kering. Lalu dicampur menjadi satu sama adonan lain, seperti tepung dan kacang mente.

Setelah itu masuk proses oven yang membutuhkan waktu selama 30 menit. Dalam proses produksi crispy semanggi, wanita yang akrab disapa Bu Aries ini dibantu oleh beberapa karyawannya.

“Dalam sehari saya produksi 50 toples. Selama proses, saya dibantu dua karyawan dari warga sekitar,” imbuhnya.

Crispy semanggi buatannya pun memiliki berbagai macam varian rasa seperti green tea, coklat, vanilla. Semua itu dijual dengan harga yang relatif terjangkau.(ANDYAN/ZAL)