Bisnis Sambal Ikan, Omset Capai Rp 50 Juta per Bulan

Sambal Wakjan
Nadia Crisanti membuat produk sambal, lengkap dengan potongan-potongan daging ikan yang jadi satu paket dalam kemasan botol. Ia kini sukses dengan produk Sambal Wakjan. FOTO: SUREPLUS.ID

SURABAYA-SUREPLUS: Para pecinta kuliner pedas tak ada salahnya mencicipi olahan ikan berbumbu sambal dari usaha berbasis UKM yang bernama Sambal Wakjan.

Owner Sambal Wakjan, Nadia Crisanti mengatakan, ia mengawali usaha ini ketika masih berjualan ikan frozen atau ikan yang melalui proses teknik pembekuan. Seiiring berjalannya waktu, usaha tersebut dikembangkan menjadi abon ikan.

Namun mengolah ikan menjadi abon tidak semudah yang dibayangkan. Masa kadaluwarsa yang menjadi penyebabnya. “Karena abon tidak awet, yang pada umumnya bisa bertahan enam sampai 12 bulan, namun abon saya hanya bertahan tiga bulan,” kata Nadia Crisanti kepada Sureplus.id.

Semangat yang terus tinggi untuk mengolah bahan dasar ikan, membuat Nadia terus melangkah. Hingga akhirnya memasuki tahun 2015, dengan modal sebesar Rp 500 ribu ia gunakan untuk membeli peralatan dapur untuk memasak.

Hingga akhirnya tercipta sambal lengkap dengan potongan-potongan daging ikan yang menjadi satu paket dalam kemasan botol. Ia memilih mengolahnya menjadi sambal ikan ini lantaran untuk menyiasati masa kadaluwarsa yang bisa bertahan hingga satu tahun.

“Karena bikin sambal itu tidak perlu memikirkan pengawetan. Yang penting kadar airnya 15 persen dan terendam minyak, itu bisa awet lama, ” jelasnya.

Ada dua jenis sambal ikan yang diolah Nadia, yaitu sambal ikan tuna dan sambal ikan salmon. Untuk harganya pun dibanderol berbeda. Sambal ikan tuna lebih murah sedikit dibandingkan dengan sambal ikan salmon.

Banyaknya permintaan pasar hingga luar pulau seperti Samarinda, Balikpapan, Manado, dan Kalimantan mengantarkan usaha ini mencapai omset sebesar Rp 50 juta per bulan. Peminat dari sambal Ikan Wakjan ini muncul dari kalangan menengah ke atas, karena menurut Nadia produknya memang dibuat dengan kualitas sesuai harga jualnya. (ANDYAN/ZAL)