Thrun dan Impian Mobil Terbang Kitty Hawk

mobil terbang
Kitty Hawk, prototipe mobil terbang inovasi Sebastian Thrun saat uji coba melintas di atas permukaan air danau di California. FOTO: YOUTUBE

SAN FRANCISCO-SUREPLUS: September tahun 2017 lalu, Sebastian Thrun yang dikenal sebagai inovator self driving car dan berkreasi menciptakan mobil terbang, memprediksi kendaraan terbang pertamanya itu siap meluncur pada Februari 2018 ini.

Memang belum ada kabar pasti mengenai mobil terbang ciptaan Thrun yang dinamakan Kutty Hawk tersebut. Tapi keyakinan Thrun bahwa perjalanan mobil udara akan menjadi rutinitas sehari-hari dalam waktu dekat, semakin mendapat dukungan.

Seperti dikutip dari dailymail.co.uk, Thrun mengungkapkan bahwa perusahaannya, Kitty Hawk, didukung juga oleh Larry Page. Mereka akan mengekspose kendaraan terbang pertamanya, yang lebih mirip sepeda motor daripada mobil, dan siap meluncur pada Februari 2018.

Saat berbicara di konferensi TechCrunch Disrupt di San Francisco, tahun lalu, Thrun memaparkan, mengapa ia yakin perjalanan udara akan menjadi rutinitas sehari-hari dalam waktu dekat. “Udara, bebas dari barang -barang, dan jelas lebih longgar dibandingkan dengan di tanah,” katanya.

Thrun sebelumnya bekerja di Google, sebelum mendirikan perusahaan kendaraan terbangnya, Kitty Hawk. Ia membayangkan sebuah dunia dimana dia dapat menempuh perjalanan udara 34 mil dari Palo Alto ke San Francisco hanya dalam waktu 10 menit.

Ia menambahkan, kecerdasan buatan dan perkembangan pesawat tak berawak, memiliki potensi besar untuk mengarah pada mobil terbang, meskipun masyarakat cenderung memandangnya lebih dalam bidang fiksi ilmiah. “Hal terakhir adalah mobil terbang, itu benar-benar gila, dan tidak ada satu orang pun di dunia yang percaya akan hal itu,” katanya.

Pada April tahun lalu, Kitty Hawk mengungkapkan prototipe kendaraan terbangnya. Sebuah pesawat terbang listrik yang menyerupai jet ski terbang. Kitty Hawk merupakan mobil terbang listrik yang menyerupai jet ski terbang, namun tidak memerlukan lisensi pilot. Kendaraan berbobot 100 kg ini bisa mencapai kecepatan 25 mil per jam atau 40 km per jam.

Menurut situs Kitty Hawk, mesin itu aman, teruji dan legal untuk dioperasikan, asalkan diterbangkan di daerah yang tidak padat penduduk. Prototipe ini bisa terbang sekitar 10 meter di atas permukaan air, dan video menunjukkan bahwa Kitty Hawk meluncur di atas sebuah danau di California. (DLM/AZIZ)